Monday 20 July 2015

Membuat dan Merubah Resolusi Foto Pada Photoshop

Assalamualaikum wr.wb

Pada artikel sebelumnya saya sudah membuat artikel mengenai bagian-bagian area kerja photoshop. Nah, sekarang saya akan menuliskan artikel ini mengenai Image. Image merupakan salah satu bagian sub-menu dari menu bar. Yang akan saya posting kali ini adalah salah satu dari sub-menu image yaitu Image Size. Sebelum memulai ke tahap edting atau desain menggunakan photoshop sebaiknya kita harus memahami betul fungsi dari perintah yang satu ini.
Pada gambar yang saya lingkari garis merah ada 3 macam pilihan yaitu:






  • Pixel Dimension
  • Document Size
  • Resolution 

Pada ketiga pilihan itu memiliki keterkaitan satu sama lain. Langsung saja pada pokok pembahasan  yang pertama yaitu pixel dimension, ini berfungsi sebagai ukuran kedalaman/kerapatan pixel yang ada pada  foto atau desain yang akan dikerjakan. Yang menentukan kualitas foto/ gambar itu sendiri. Pada pixel dimension terdapat height dan width yang berperan sebagai nilai pembanding pixel. Jika kedalaman/kerapatan pixel semakin besar maka kualitas foto atau desain yang dihasilkan sangat bagus dan begitu juga sebaliknya jika kedalaman pixel rendah maka kualitas foto akan buram dan kurang bagus.



Dan yang kedua yaitu document size. Hampir sama dengan pixel dimension, pada document size terdapat juga height dan width. Bedanya adalah document size merupakan ukuran sebenarnya pada didunia nyata. Jadi antara pixel dimension dengan document size saling terkait, jika ukuran document size bernilai tinggi maka otomatis pada pixel dimension juga akan bernilai besar.
Yang terakhir yaitu resolution. Resolution adalah nilai tinggi rendahnya pixel pada foto/gambar. Resolution sedikit berbeda dengan pixel dimension. Jika misalnya resolution kita beri nilai 72 maka pada pixel dimension(kedalaman pixel) nilainya akan berubah otomatis, tapi tidak akan berpengaruh pada document size. Dan jika pixel dimension atau document size dirubah tidak akan berpengaruh pada nilai resolution.

Saran atau rekomendasi dari saya ialah, jika kita ingin memulai membuat desain atau edting yang pertama kali harus di atur adalah document size. Pengaturan document size dapat dilakukan saat membuat new file. Lalu kondisikan dengan mengatur resolusi dengan ukuran asli. Menurut pengalaman saya pixel dimension tidak perlu di ubah-ubah karena jika diubah secara manual/langsung maka akan mempengaruhi nilai dari document size. Cukup merubah nilai resolution sehingga kita tidak perlu repot-repot mengatur height dan width.

Ctt: Jangan memberikan nilai resolusi terlalu tinggi karena akan berdampak pada kualitas foto yang terlalu tajam dan mempengaruhi kinerja laptop kamu saat proses pengerjaan.


Semoga Bermanfaat J

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih :) sudah berkunjung ^^